Laptop

4 Cara Mengatasi Laptop Hang dan Lemot

Cara Mengatasi Laptop Hang cukup mudah untuk dilakukan Ketika Anda mempunyai sebuah laptop, selain berbagai macam kemudahan yang bisa Anda didapatkan, tetapi akan selalu ada masalah yang terjadi pada laptop Anda.

Terutama ketika laptop Anda sudah cukup lama digunakan (berumur) atau dipakai untuk menjalankan aplikasi program yang terlalu berat yang akhirnya menyebabkan laptop tersebut menjadi hang. Cara mengatasi laptop hang jadi penting untuk Anda ketahui.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang

Ada beberapa cara mengatasi laptop hang atau lemot, beberapa dari Anda sudah mengetahui cara yang simple nya yaitu dengan melakukan restart pada laptop. Tetapi bagaimana jika Anda sudah melakukan restart namun laptop tersebut masih juga hang atau lemot. Nah berikut ini beberapa opsi mengatasi laptop yang hang.

1. Pada Saat Starting Windows

Laptop yang Ngehang tidak cuma terjadi disaat Anda telah berada di Windows. Tetapi terkadang ngehang pula berlangsung pada saat Anda baru ingin masuk Windows ataupun pada saat proses booting. Cara mengatasinya begini;

  • Pertama masalah yang terjadi bisa jadi sebab terdapat file yang lenyap di sistem, ataupun karna virus dan corrupt. Cara mengatasi dengan scan registry menggunakan CCleaner ataupun lakukan scanning dengan antivirus.
  • Kalau masih terjadi permasalahan yang sama, bisa jadi RAM Anda kotor. Bersihkan segera RAM Anda dengan penghapus karet ataupun vacuum cleaner.
  • Kalau laptop anda masih juga ngehang, maka masalahnya terdapat di motherboard. Silahkan diperiksakan motherboard Anda. Kalau sudah rusak, artinya tidak bisa untuk diperbaiki lagi. itupun untuk memperbaikinya cuma ada 1 cara yaitu mengganti motherboard yang biayanya sama kayak harga laptop baru.

Baca Juga: 6 Penyebab Laptop Lemot Secara Tiba-tiba

2. Melalui Pengaturan Bios

Cara mengatasi laptop hang yang kedua serta cara ini dapat dibilang cara yang sangat efisien yaitu lewat BIOS. caranya begini;

  • Kalau sudah hang, segera untuk restart laptop Anda. Ataupun jika tidak bisa, lakukan Force Shutdown dengan memencet serta menahan tombol power.
  • Setelah laptop dalam keadaan shutdown, nyalakan lagi laptop Anda dan segera masuk ke BIOS. Terdapat banyak cara buat masuk ke BIOS. Anda dapat memakai F12, F11, F8, F2, ataupun tombol lain sesuai dengan merk laptop Anda.
  • Setelah masuk ke dalam BIOS, silahkan pilih menu Advanced BIOS Features.
  • Cari yang terdapat kaitannya dengan BIOS Cache. Setelah itu pilih disable.
  • Apabila telah selesai, save kemudian klik Enter dan nyalakan lagi laptop Anda.
  • Cara ini pula dapat dipakai sebagai salah satu cara mengatasi laptop hang disaat dinyalakan.

3. Mengatasi Laptop Not Responding

Hang pada laptop pula ada dalam bentuk not responding. Kalau hang yang ini terbilang masih dalam taraf wajar. Cara mengatasi laptop hang Windows 10 ketika terjadi not responding yaitu;

  • Silahkan tekan secara bersamaan tombol Shift, CTRL, dan Esc ataupun CTRl+Alt+Del.
  • Kemudian ketika Anda telah masuk ke Task Manager, tekan End Task pada program yang not responding.
  • Kalau sudah, umumnya laptop bakal berjalan seperti normal lagi. Bila masih ngehang, maka bisa jadi persoalannya terdapat pada program yang rusak, atau laptop Anda yang tidak kuat untuk menjalankan program tersebut. Jika itu terjadi, segera hentikan program yang sedang berjalan sebelum merusak bagian lain di laptop.

Baca Juga: Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Windows 10

4. Laptop Hang Ketika Bermain Game

Disaat Anda sedang bermain game, masalah ngehang juga sering kali terjadi. Cara mengatasi laptop hang disaat bermain game kurang lebih sama seperti cara-cara yang telah disebutkan di atas. Anda dapat melakukan End Task pada programnya, ataupun membersihkan laptop dari file-file sampah yang menumpuk. Jika masih juga ngehang, maka permasalahannya ada disini;

  • Pertama, laptop Anda memang tidak kuat buat bermain game itu. Solusinya, coba turunkan kualitas grafik dari game tersebut ataupun upgrade laptop Anda.
  • Apabila laptop terasa sangat panas ketika bermain game, maka permasalahan tersebut bisa jadi disebabkan kipas di laptop Anda yang mati. Solusinya yaitu segera ganti dengan kipas laptop yang baru.
  • Kalau kipas laptop Anda tidak mengalami masalah, maka bisa jadi persoalannya terdapat di Hardisk yang rusak.
  • Apabila hardisk Anda normal tetapi laptop masih juga ngehang, bisa jadi thermal paste pada processor laptop Anda telah habis. Maka sebaiknya Anda segera mengoles thermal paste ke permukaan processor.
  • Thermal paste masih aman dan kipas tidak mengalami masalah, maka persoalannya terdapat di RAM ataupun VGA yang rusak. Solusinya, tentu saja mengganti komponen tersebut.

Baca Juga: Cara Instal Ulang Windows 7 Khusus untuk Pemula

Penutup

Demikian artikel dari TeknoTimes mengenai cara mengatasi laptop hang atau lemot. Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat berguna serta bermanfaat bagi para pembaca yang masih bingung tentang bagaimana untuk mengatasi laptop yang hang atau lemot. Terimakasih.

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
close