Cara Mematikan Laptop yang Baik dan Benar

Cara Mematikan Laptop – Bagaimana cara kita mematikan sebuah laptop apabila kursornya tidak berfungsi dengan benar? cara yang paling sering dilakukan yaitu dengan memencet tombol Power.

Tetapi mengerti kah Kalian kalau cara ini ternyata tidak benar? Disaat kursor tidak berfungsi, masih terdapat keyboard aktif yang dapat Kalian pakai. Silahkan ikuti beberapa cara mematikan laptop dengan menggunakan keyboard di bawah ini.

Cara Mematikan Laptop

Cara Mematikan Laptop dengan Benar

Cara mematikan laptop dengan keyboard dapat dicoba oleh siapa saja. Dengan mencermati cara mematikan laptop dengan benar, sehingga laptop Kalian dapat senantiasa awet. Berikut ini cara mematikan PC/Laptop dengan benar:

  1. Pastikan aplikasi yang sedang berjalan di laptop ataupun pc telah dalam kondisi tertutup. Hati-hati bila Kalian menghentikan paksa aplikasi yang sedang berjalan sebab pekerjaan yang sedang kalian lakukan bisa tidak disave.
  2. Lepaskan flashdisk, USB ataupun CD dari laptop saat sebelum dimatikan.
  3. Jangan memakai tombol Power buat mematikan laptop secara paksa sebab dapat mengganggu komponen di laptop.
  4. Tunggulah sampai laptop benar-benar telah dalam keadaan shutdown. Jangan tutup paksa laptop pada saat proses belum berakhir sebab, laptop tidak bakal mati dengan sempurna. Pastikan terlebih dahulu bahwa laptop telah mati, sesudah itu laptop dapat ditutup.

Cara Mematikan Laptop menggunakan Keyboard

Cara Mematikan Laptop yang Baik dan Benar

Cara mematikan laptop yang normal umumnya dengan memakai mouse kemudian mengarahkan kursor pada ikon Windows setelah itu pilih Shut Down.

Semua dapat dilakukan dengan menggunakan mouse. Akan tetapi, nyatanya terdapat cara lain yang juga dapat dilakukan dengan menggunakan keyboard.

Cara mematikan laptop dengan keyboard ini memberikan beberapa keuntungan yakni proses shutdown lebih cepat serta anti ribet. Berikut ini merupakan cara mematikan laptop dengan keyboard yang dapat Kalian praktekkan.

1. Shortcut ALT+F4

Cara ini lumayan gampang serta dapat dicoba di seluruh tipe laptop. Berikut ini cara mematikan laptop dengan keyboard:

  • Tekan tombol ALT kemudian tekan F4 Secara Bersamaan
  • Pilih Shut Down memakai tombol panah pada keyboard, kemudian tekan Enter
  • Laptop bakal mati dengan sendirinya.

Untuk memastikan cara ini bekerja dengan baik, Kalian wajib memastikan kalau seluruh aplikasi di laptop telah tertutup terlebih dahulu.

2. Shortcut CTRL+ALT+DEL

Cara ini juga dapat juga untuk di aplikasikan pada seluruh tipe laptop. Berikut ini caranya:

  • Tekan tombol CTRL, ALT, serta DEL secara bersamaan
  • Tekan tombol tanpa panah yang ada di keyboard kemudian pilih Shut Down, dan tekan Enter
  • Laptop akan tershutdown secara otomatis

3. Shortcut WIN+X

Cara terakhir Mematikan laptop dengan keyboard dapat dilakukan dengan memencet tombol WIN+X. Berikut ini caranya:

  • Tekan tombol Windows+X pada keyboard secara bersamaan
  • Di layar Kalian bakal muncul beberapa pilihan opsi, kemudian pakai tombol panah dan pilih Shut Down, lalu klik Enter

Cara-cara di atas pula dapat dicoba ketika kursor mouse sama sekali tidak dapat digerakkan. Jadi, ketika kursor ataupun touchpad pada laptop Kalian bermasalah. kalian masih bisa menggunakan keyboard.

Sebaiknya untuk tidak langsung memencet tombol Power sebab dapat menyebabkan komponen yang ada pada laptop bakalan cepat rusak. Yang artinya hindari untuk mematikan laptop dengan cara menggunakan tombol power, kecuali tidak ada opsi yang lain.

Cara Mematikan Laptop yang Hang

Mematikan laptop menggunakan ctrl alt del

Pada saat laptop ataupun pc sangat panas, maka laptop akan mengalami not responding ataupun hang. kejadian yang paling sering yaitu laptop akan menjadi blank serta tidak merespon perintah.

Langkah awal yang kami dianjurkan pada saat laptop hang yaitu menutup program yang membuat laptop tersebut menjadi hang.

Menutup program dapat kalian lakukan dengan memencet tombol silang pada ujung kanan program ataupun kalian dapat melakukannya melalui task manajer.

Tetapi, terkadang kebanyakan orang masih bingung bagaimana cara mematikan laptop dalam kondisi hang, sedangkan Kalian tidak dapat melakukan apa-apa sebab keyboard ataupun mouse menjadi tidak berfungsi.

Solusi buat permasalahan ini ialah merestart/matikan laptop dengan cara berikut ini:

1. Tekan Tombol CTRL+ ALT+ DEL secara bersamaan

2. Setelah itu tekan tombol Power

3. lalu, pilih opsi Shut Down

Menggunakan Command Prompt

Cara Mematikan Laptop

Cara mematikan laptop yang berikutnya adalah dengan menggunakan Command Prompt ataupun sering disebut dengan CMD.

Aplikasi ini bisa menerima serta melaksanakan perintah yang kita masukkan dalam wujud tulisan. berikut ini cara mematikan laptop menggunakan command prompt :

Pertama, ketikkan Command Prompt atau CMD pada pencarian di menu start. kalau sudah ketemu, tekan tombol Enter.

Kalian juga bisa menggunakan shortcut di keyboard dengan cara menekan Windows+R . Berikutnya, bakal muncul kolom run ketik “cmd”, setelah itu klik OK.

Berikut ini beberapa cara mematikan laptop dengan menggunakan Command Prompt:

1. Perintah supaya laptop otomatis mati

Ketikkan perintah“ shutdown- s” pada Command Prompt, kemudian tekan tombol Enter. Tunggulah sampai muncul kotak dialog yang berisi penjelasan  “Windows will shut down in less than a minute”. Berikutnya, klik Close. Perintah“-s” yang tadinya kalian masukkan bertujuan untuk memasukkan perintah shutdown.

2. Perintah shutdown otomatis dengan Waktu

Cara selanjutnya tidak membuat laptop langsung mati sehabis perintah dijalankan. Misalnya, kalian mau membuat laptop kalian shutdown dalam waktu 30 menit. Maka ketikkan “shutdown /s /t 1800” pada Command Prompt.

Perintah “-t” berfungsi untuk menyetel waktu dalam bentuk detik sebab 1800 detik sama dengan 30 menit.

Jika kalian ingin membatalkan perintah shutdown otomatis yang telah kalian ketik di Command Prompt, saat sebelum laptop mati, ketikkan “shutdown -a” tujuannya agar perintah shutdown yang sudah kalian jadwalkan akan berhenti. Kemudian tekan tombol Enter pada keyboard. lalu pada pojok kanan bawah layar laptop kalian akan muncul pesan yang bertuliskan “log off dibatalkan”.

Penyebab laptop tidak bisa dimatikan

Langkah yang telah dijelaskan diatas berfungsi ketika laptop sedang dalam kondisi error ataupun beberapa komponen yang tidak berfungsi dengan baik, seperti keyboard ataupun touchpad.

Namun bagaimana jika laptop tetap tidak bisa dimatikan ? ataupun proses ketika mematikan laptop jadi gagal ?

Terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan perihal tersebut, contohnya:

  1. Corrupt pada registry
  2. kerusakan komponen dalam laptop
  3. Windows corrupt
  4. Virus
  5. serta masih banyak penyebab lainnya

Jika kalian mengalami hal tersebut, maka pilihan terakhir yang dapat kalian ambil yaitu melakukan instalasi ulang pada laptop ataupun jika komponen laptop yang bermasalah, kalian dapat mengganti komponen laptop tersebut yang tentunya sesuai dengan tipe laptop kalian.

Demikianlah artikel dari kami mengenai cara mematikan laptop yang baik dan benar, yang perlu kalian tahu cara di atas, telah kami coba sebelumnya dan terbukti berhasil.

Pada artikel ini kami memilih beberapa metode agar Kalian dapat memilih metode mana yang menurut Kalian mudah untuk dilakukan.

Semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi para pembaca yang masih bingung tentang bagaimana cara mematikan laptop yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Share on: