AsuransiAsuransi Mobil

6 Cara Klaim Asuransi Mobil yang Rusak atau Lecet

Cara klaim asuransi mobil tidak hanya mengenali bengkel- bengkel mana saja yang merupakan rekanan dari asuransi, Kamu selaku nasabah asuransi mobil juga harus mengenali berbagai hal yang wajib dilakukan pada saat melakukan klaim.

Kerusakan mobil beraneka macam jenisnya. Serta mengerti kah Kamu, kalau kita dapat mengajukan cara klaim asuransi mobil walaupun kendaraan kita cuma mengalami lecet sekalipun.

Ya, bersyukurlah apabila mobil Kamu lecet serta Kamu mempunyai asuransi mobil. Kamu dapat memperoleh layanan perbaikan dengan cara mengajukan klaim.

cara klaim asuransi mobil

Cara klaim Asuransi Mobil yang Rusak atau Lecet

Tetapi, ada sebagian hal yang harus Kamu pahami supaya dapat mengajukan cara klaim asuransi mobil lecet tanpa ditolak perusahaan asuransi. Hal- hal ini hendaknya Kamu ingat, walaupun saat ini kendaraan Kamu lagi tidak mengalami kerusakan. berikut ini merupakan 6 cara klaim asuransi mobil yang rusak atau lecet

1. Kontak pihak asuransi

Hal awal yang harus dicoba yaitu menghubungi perusahaan asuransi mobil Kamu. Karena, pengajuan klaim cuma dapat dilakukan terhadap asuransi yang memberikan proteksi terhadap kendaraan Kamu.

Tidak hanya perusahaan asuransi, Kamu juga dapat menghubungi pihak kepolisian apabila mobil Kamu mengalami lebih hanya sekedar lecet pada bodi. Yang jelas, perusahaan asuransi penerbit polis asuransi mobil yang Kamu miliki harus jadi salah satu pihak awal yang Kamu beritahu Mengenai kerusakan mobil yang Kamu alami.

2. Jangan lupa memfoto kerusakan buat dilampirkan

Dalam mengabulkan klaim asuransi mobil yang Kamu ajukan, perusahaan asuransi tidak serta merta melangsungkannya dalam waktu singkat. Asuransi pasti memerlukan bukti- bukti buat menampilkan kerusakan yang terjadi. Contoh bukti yang dapat diberikan yaitu gambar bagian mobil yang mengalami rusak ataupun lecet lantaran kecelakaan yang tidak disengaja.

Gambar ini wajib ada sebab memperlihatkan keadaan sebenarnya dari mobil Kamu yang mengalami kerusakan akibat musibah, terlebih bila sampai mengakibatkan kerusakan parah. Tidak hanya buat dilampirkan pada pengajuan klaim asuransi, gambar pula dapat digunakan buat pelaporan ke pihak berwajib apabila dibutuhkan.

3. Lengkapi formulir pengajuan klaim dengan cermat

Benar, soal mengisi formulir untuk sebagian orang merupakan suatu hal yang dianggap merepotkan. Tetapi, dalam mengajukan klaim asuransi, mengisi formulir merupakan perihal yang harus dicoba. Karena, formulir klaim asuransi mobil adalah sesuatu yang sangat mendasar dalam pengajuan klaim.

Lewat formulir, terdapat pertanyaan- pertanyaan yang membuat Kamu memaparkan gimana kerugian yang dialami Kamu sebagai tertanggung. Sebab itu, upayakan Kamu mengisi formulir dengan jelas, tetapi sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Jangan lewati satu informasi pun dalam formulir tersebut. Semakin lengkap serta jelas, semakin baik pula pihak asuransi memahami apa yang Kamu alami. Walhasil, klaim yang diajukan bisa diproses ke sesi berikutnya tanpa hambatan.

Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik Jakarta 2022

4. Lengkapi dokumen yang jadi syarat

Terdapat sebagian dokumen yang bakal diminta oleh pihak asuransi selaku syarat pengajuan klaim. Pastikan seluruh dokumen Kamu miliki tanpa terlewat.

Sebagian dokumen yang pada umumnya dimintakan yaitu formulir klaim, salinan polis asuransi, fotokopi surat izin mengemudi( SIM), surat tanda nomor kendaraan bermotor( STNK), serta surat keterangan dari kepolisian yang menerangkan kalau Kamu mengalami kecelakaan, serta yang terakhir yaitu dokumen pertanggungjawaban dari pihak ketiga terpaut kecelakaan apabila ada.

5. Informasikan serta ceritakan kronologi peristiwa dengan jelas

Sampaikan informasi yang lengkap, termasuk kronologi runut mengenai penyebab terjadinya kerusakan pada mobil Kamu. Tidak jarang, tidak hanya bersumber pada formulir yang kita ajukan serta dokumen yang lain, pihak asuransi bakal mewawancarai Kamu. Berikan penjelasan yang jelas serta jujur pada penyampaian informasi ini.

6. Manfaatkan jasa bengkel rekanan

Persoalan memilah bengkel terkadang jadi perihal yang kurang dicermati oleh nasabah asuransi mobil. Biar tidak mengalami kerugian atau bahkan dikenakan bayaran lebih besar, manfaatkanlah jasa dari bengkel yang merupakan rekanan dari asuransi mobil Kamu. Jangan terburu- buru dengan bawa mobil ke bengkel terdekat ataupun bengkel yang telah jadi langganan Kamu.

Bila telah menerima laporan Kamu, pihak asuransi bakal melakukan survei atas klaim yang Kamu ajukan. Sehabis itu, mereka baru bakal menindaklanjutinya dengan memberikan jadwal perbaikan atas mobil Kamu.

Survei dilakukan buat membenarkan kebenaran cara klaim asuransi mobil dan melihat keadaan mobil. Bila sudah, pihak asuransi akan mengeluarkan surat perintah kerja( SPK) yang berfungsi selaku surat pengantar buat melakukan perbaikan di bengkel rekanan.

Penutup

Demikian artikel dari Teknotimes mengenai 6 cara klaim asuransi mobil yang rusak atau lecet. semoga artikel yang kami bagikan ini dapat bermanfaat serta berguna untuk para pembaca yang masih bingung bagaimana ara klaim asuransi mobil. Termakasih.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
close